Museum Ne’Gandeng Toraja, Objek Wisata Sejarah Sekaligus Tempat Foto Yang Hits

Berlibur ke Tana Toraja tidak akan membuatmu menyesal, bahkan merasa beruntung. Di Tana Toraja ini, kamu tidak hanya bisa melihat budaya dan tradisi yang erat dengan masyarakat Toraja, unik pula. Tetapi, kamu juga bisa melihat keindahan alam, juga belajar mengenai Tana Toraja di Museum Ne’Gandeng Toraja.

Museum Ne’Gandeng Toraja ini bisa kamu kunjungi jika kamu heran dan penasaran dengan tradisi-tradisi yang unik di Toraja. Soalnya di museum yang merupakan objek wisata sejarah ini, kamu akan mendapat jawabannya dari pertanyaan itu. Sudah ingin mengunjunginya, lokasi Museum Ne’Gandeng Toraja ini berada di Desa Pelangi, Kecamatan Sadan Balusu, Toraja.

Kenapa namanya Museum Ne’Gandeng Toraja? Kamu ingin tahu? Nama Museum Ne’Gandeng Toraja ini beasal dari nama Ne’Gandeng. Ne’Gadeng ini merupakan salah satu tetua atau leluur di Tana Toraja yang meninggal pada 3 Agustus 1994. Museum yang berada di bawah naunan Yayasan Keluarga Besar Ne’Gadeng.

Ingin tahu awal mula kenapa dinamakan Museum Ne’Gandeng? Ini karena museum ini terbentu dari keluhuran budi Ne’Gandeng semasa hidupnya. Ne’Gadeng merupakan orang yang sangat peduli dan sangat memiliki perhatian lebih terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya. Kamu pasti akan merasa kagum dan jatuh cinta dengan Ne’Gandeng yang baik hati. Ne’Gandeng pernah mengusulkan agar listrik bisa masuk ke desa dengan biaya hasil menjual kerbaunya. Mulia sekali, bukan?

Baca :   Pantai Akkarena, Hanya Sepuluh Menit Saja dari Makasar

Sebelum Museum Ne’Gandeng Toraja ini dibangun beberapa waktu setelah Ne’Gandeng wafat. Tempat ini menjadi tempat berlansungnya prosesi pemakan Ne’Gandeng yaitu Rambu Solo. Rambu Solo ini merupakan upacara pemakaman yang sangat meriah. Ide dibangunnya Museum Ne’Gandeng Toraja ini berasal dari keluhuran budi Ne’Gandeng sebagai salah satu tetua dan leluhur di Tana Toraja.

Museum Ne’Gandeng Toraja ini dibangun sebagai wujud penghormatan terhadap leluhur. Jadi di tempat ini kamu akan tahu, betapa pentingnya leluhur bagi masyarakat Tana Toraja. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa Suku Toraja ini merupakan suku di Indonesia yang sangat menghormati para leluhurnya. Di sini kamu juga akan belajar bagaimana menggelar prosesi pemakaman bagi anggota keluarga di Tana Toraja. Sejak itulah pembangunan Museum Ne’Gandeng Toraja terus berlangsung.

Museum Ne’Gandeng Toraja kamu akan menemukan rumah adat Toraja yang saling berhadapan. Ini merupakan rumah-rumah adat yang bisa kamu pilih untuk beristirahat dan menginap bagi kamu atau para wisatawan lainnya yang ingin menginap. Selamat berlibur di Tana Toraja.

Baca :   Jangan Ngaku Berlibur Ke Toraja, Jika Belum Mengunjungi Objek Wisata Londa

agodastyle=1 city=”toraja” ratehigher=50]


Awesome Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *