Ternyata Jogja Punya Negeri di Atas Awan, yaitu di Bukit Mangunan Bantul, Bantu Sebarkan Kawan!

kebun buah mangunan

Jangan salah, negeri di atas awan nggak hanya ada di Dieng, Wonosobo saja, tapi di Jogja1 pun ada tempat yang pemandangannya tak kalah bahkan sebanding. Bukit Mangunan Bantul adalah negeri di atas awannya Jogja. Tempat yang sangat pas untuk melihat matahari terbit ini sebenarnya sudah lama ada semenjak diresmikannya Kebun Buah Mangunan, namun baru populer semenjak foto-foto spektakulernya tersebar di jejaring media sosial. Sekarang sudah ramai dan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat keindahan munculnya matahari yang masih malu-malu di timur. Pemandangan tersebut bisa dikatakan sama indahnya dengan yang ada di Dieng.

Sebenarnya Bukit Mangunan Bantul masuk dalam kawasan Kebun Buah Mangunan yang berada di Dusun Mangunan, Desa mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Untuk menuju ke bukit ini pun cukup mudah yakni dengan mengikuti rute ke Kebun Buah Mangunan yang aksesnya sudah gampang dengan beberapa plang penunjuk jalan. Dari sebelah selatan Terminal Giwangan atau mengikuti Jalan Imogiri sampai menemukan pertigaan jalan tanpa lampu lalu lintas, ambil jalan ke arah kiri dan ikuti jalan sampai di lokasi kebun buah.

Baca :   Ayam Goreng Mbah Cemplung, Makanan Legendaris yang Akan Membuat Hatimu Kecemplung
bukit mangunan bantul
Bukit Mangunan di Kebun Buah Mangunan Jogja (c) tourjogjamasjo.com

Sejak bukit ini menjadi populer dan banyak pengunjungnya, memaksa pengelola kebun untuk membuka tempat wisata tersebut lebih pagi yakni jam empat pagi (04:00 WIB). Namun terkadang portal pintu masuk masih tertutup. Tapi jangan khawatir, Anda bisa minta ijin pada petugas yang berjaga atau sedang menyapu untuk membukakannya untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit. Untuk tiket masuk kebun buah Mangunan masih berlaku normal seperti biasanya.

Dari pintu masuk kebun buah, Anda perlu menyusuri jalan yang tidak terlalu lebar membelah kebun sekitar lima menit menuju ke area parkir di sekitar puncak bukit. Setelah sampai di tempat parkir Anda masih harus berjalan kaki sekitar 50 meter hingga sampai di gardu pandang. Saat seperti ini pengunjung akan ramai menanti munculnya sang surya yang masih malu-malu menampakkan wajahnya.

Saat matahari semakin merangkak naik, perlahan kabut menipis dan pemandangan di bawa akan terlihat lebih jelas lagi. Anda akan melihat Sungai Oyo yang diapit oleh tebing-tebing bukit. Anda juga akan menyaksikan kabut-kabut tipis yang bergerak mengikuti arah angin membawanya. Pemandangannya sungguh indah, dan pantas sekali jika bukit ini disebut sebagai Negeri di Atas Awan-nya Jogja meski sebenarnya bukit ini tak terlalu tinggi karena hanya mencapai 200-250 mdpl, tapi hadirnya kabut tersebut adalah pemandangan yang indah.

Baca :   Gudeg JogJa, Kuliner Tereksis Sepanjang Masa

Sedikit tips jika ingin mengunjungi Bukit Mangunan Bantul, jangan datang di akhir pekan atau hari libur karena pengunjungnya akan sangat banyak dan membeludak. Bukit akan penuh oleh wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan alam berbeda di Jogja.

REKOMENDASI HOTEL TERDEKAT :

Hotel Indah Palace Yogyakarta | 25 Kamar | 216 Review
Ameera Boutique Hotel | 54 Kamar | 741 Review
Bukit Surya Village | 75 Kamar | 8 Review
Hotel Savitri Country | Kamar | 7 Review
Hotel Grand Rosela Yogyakarta | 43 Kamar | 116 Review


Awesome Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *