Daftar Wisata Benteng Bersejarah Makassar, Menarik Pecinta Sejarah Untuk Datang!

Benteng Rotterdam

Kadang ketika berlibur, kamu melewatkan tempat-tempat sejarah yang sayang jika dilewatkan. Apalagi bagi kamu pecinta sejarah ketika berlibur ke Makassar jangan sampai melewatkan mengunjungi Daftar Wisata Benteng Bersejarah di Makassar.

1. Benteng Somba Opu, Wisata Sejarah Makassar yang Edukatif

Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu (c) 1.bp.blogspot

Berlibur di Makassar, kamu bisa mendapatkan foto-foto keren dan ilmu berarti. Di mana lagi selain mengunjungi Benteng Somba Opu. Benteng ini merupakan benteng terkuat yang dibangun di Indonesia. Jika kamu sampai di Benteng Somba Opu ini, kamu akan melihat bangunan benteng yang masih kokoh.

Berlibur di benteng ini, kamu bisa mengajak keluarga, teman, sahabat, ataupun kekasih untuk merasakan hawa perjuangan di Benteng Somba Opu. Ketika menatap benteng ini, kamu akan melihat benteng ini terbuat dar bata merah dengan ketebalan benteng yang tak mungkin ditembus dan diruntuhkan. Di benteng inilah, saksi sejarah kegigihan Sultan Hasanuddin  dan rakyatnya mempertahankan kedaulatan negeri.

Benteng Somba Opu bisa kamu temui di Jl Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Jika kamu dari Kota Makassar, kamu akan menempuh jarak sekitar 6 kilometer saja ke arah selatan. Letak Benteng Somba Opu ini berada di dalam kompleks Miniatur Budaya Sulawesi Selatan.

Baca :   Pulau Kodingareng Keke, Kamu Bakalan Tergila-gila Dengan Kecantikannya

Selain melihat benteng ini, kamu juga bisa melihat bentuk-bentuk rumah tradisional Sulawesi Selatan seperti rumah tradisonal Makassar, Bugis, Toraja, dan Mandar tak jauh dari benteng. Tak hanya itu, ada pameran pembangunan Sulawesi Selatan yang diselenggarakan setiap tahunnya. Kamu bisa menonton itu.

2. Benteng Rotterdam, Wisata yang Mengenalkanmu Pada Sejarah Makassar

Benteng Rotterdam
Benteng Rotterdam (c) 2.bp.blogspot.

Liburan di Makassar, tidak lengkap jika kamu tidak belajar sejarah Makassar. Tempat seru dan eksotis untuk belajar sejarah tersebut berada di Benteng Rotterdam. Fort Rostterdam atau dikenal juga dengan sebutan Benteng Ujung Pandang ini, bisa kamu temui di Jalan Ujung Pandang No. 1, Kota Makassar.

Benteng Rotterdam ini dibangun oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi Kallona, tepatnya pada tahun 1545. Benteng ini juga dikenal dengan Benteng Panyyua (Penyu) oleh orang Gowa-Makassar. sebutan panyyua atau penyu ini unik, ya. Sebutan tersebut mengacu pada bentuk Benteng Rotterdam yang jika kamu lihat dari udara mirip seperti seekor penyu yang akan masuk ke pantai.

Baca :   Benteng Rotterdam, Wisata yang Mengenalkanmu Pada Sejarah Makassar

Jadi, zaman dahulu ketika Kerajaan Gowa-Tallo berkuasa, mereka menandatangani perjanjian bungayya yang salah satu pasalnya mewajibkan Kerajaan Gowa menyerahkan Benteng Ujung Pandang kepada Belanda. Sejak pasukan Belanda menempati benteng itulah, nama Benteng Ujung Pandang berubah menjadi fort Rotterdam.

Jika kamu menuju pintu masuk, kamu akan melihat benteng dengan tinggi sekitar 3 meter yang kokoh. Sebelum masuk, kamu harus mengisi buku tamu terlebih dahulu. Ketika kamu memasuki bagian dalam Fort Rotterdam, kamu akan langsung disambut sebuah taman hijau nan indah yang berada di tengah-tengah benteng.

Taman cantik itu dikelilingi bangunan bertingkat 2, sementara tembok setinggi sekitar 3 meter tampak mengelilingi kawasan fort Rotterdam ini. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai Museum La Galibo. Museum ini letaknya di dalam benteng.

REKOMENDASI HOTEL TERDEKAT :

Hotel Denpasar | 61 Kamar | 9 Review
Aston Makassar Hotel & Convention Center | 177 Kamar | 1089 Review
Grand Clarion Hotel and Convention | 400 Kamar | 240 Review
Hotel Aryaduta Makassar | 224 Kamar | 561 Review
Banua Makassar Hotel | 87 Kamar | 13 Review


Awesome Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *