Ada Danau Tempe di Sulsel, Kaya Apa Ya Bentuk Objek Wisata Ini?

Danau Tempe

Berlibur di Sulsel tidak akan ada habis-habisnya. Banyak objek wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Danau Tempe. Letaknya di Kabupaten Wajo. Kamu bisa berlibur di Danau Tempe yang menjadi danau alami terbesar kedua di Pulau Sulawesi.

Nama danau ini memang unik. Danau Tempe. Namanya membuat kamu penasaran, bukan? Jangan berpikir kalau danau ini berisi tempe, bukan danau ini tetap berisi air tawar. Penamaan Danau Tempe ini karena letak danaunya berada di Desa Tempe.

Melihat Danau Tempe kamu akan terpana. Luas danau ini sekitar 13.000 hektar, diapit oleh tiga kabupaten yaitu Kabupaten Wajo, Sidrap dan Kabupaten Soppeng. Karena letaknya yang stategis di tengah tiga kabupaten inilah, Danau Tempe menjadi objek wisata terpopuler di Sulsel, bahkan yang datang ke sini bukan hanya wisatawan domestik. Wisatawan mancanegara pun sering datang ke sini untuk menikmati keindahan Danau Tempe.

Di Danau Tempe, kamu akan menemui berbagai ikan tawar yang berlimpah. Memang sejak dahulu, danau ini menjadi penghasil ikan tawar terbesar di Indonesia bahkan dunia. Bahkan ada beberapa spesies ikan tawar endemik yang tidak ditemui di tempat lain, ikan inilah yang sering dieskspor ke Eropa dan Amerika.

Baca :   Benteng Somba Opu, Wisata Sejarah Makassar yang Edukatif

Selain ikannya yang berlimpah, di Danau Tempe juga menawarkan keunikan yang lain. Di tengah danau, kamu akan menjumpai ratusan rumah terapung milik nelayan yang berjejer artistik dengan bendara warna-warni. Dari atas rumah teraput ini, kamu bisa menikmati kesempurnaan matahari tenggelam. Ditemani bunga air serta jenis burung yang terbang melengkapi keindahan yang tersaji di depanmu.

Jika kamu datang di Bulan Agustus, kamu bisa menikmati keunikan budaya masyarakat setempat. Ada acara Maccera Tappareng (mensucikan danau) yang ditandai dengan memotong sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan setempat.

Di acara ini, kamu akan melihat lomba perahu tradisional, perahu hias, pemilihan ana’ dara (gadis) dan kallolona (pemuda) Tanah Wajo, padendang (menabuh lesung), pagelaran musik  tradisional dan tari bissu yang dimainkan oleh para waria, dan berbagai pagelaran tradisional lainnya.

Sudah tidak sabar untuk mengunjunginya? Letak Danau Tempe ini berada di kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo (Sengkang), Sulawesi Selatan. Untuk menuju lokasi, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat. Waktu yang akan kamu tempuh dari Kota Makassar ke lokasi wisata ini sekitar 6 jam saja. oke!

Baca :   Tempat Wisata Kuliner Makassar, Coto Gagak

REKOMENDASI HOTEL TERDEKAT :

Grand Clarion Hotel and Convention | 400 Kamar | 240 Review
Kenari Tower Hotel | 64 Kamar | 16 Review
Aston Makassar Hotel & Convention Center | 177 Kamar | 1089 Review
Banua Makassar Hotel | 87 Kamar | 13 Review
Hotel Toddopuli Mas | 25 Kamar | 11 Review


Awesome Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *